Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Kelas X SMKN 1 Sidoarjo pada Mata pelajaran Matematika Materi Trigonometri
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran untuk membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research & Development dengan model penelitian yang digunakan, model pengembangan ADDIE oleh Branch, 2009. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Sidoarjo pada kelas X. Tahap penelitian ADDIE meliputi 1) Analiyze, 2) Design, 2) Developmet, 4) Implementation, dan 5) Evaluate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis secara desktiptif, serta test berupa pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas control.
Untuk hasil penelitian ini, persentase kelayakan sebesar 100% dari ahli materi, 97% dari ahli media, 96% dari ahli desain pembelajaran, 84.1% dari uji coba perorangan, 76% dari uji coba kelompok kecil, dan 86% dari uji coba kelompok besar. Berdasarkan uji coba tersebut, dapat disimpulkan jika video yang dikembangkan layak digunakan pada proses pembelajaran. Sedangkan untuk hasil Analisa data pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol yang berjumlah 27 peserta didik, pada uji normalitas memperoleh nilai signifikansi sebesar 0.200, di mana 0.200 > 0.05, dapat dikatakan data terdistribusi normal. Pada uji homogenitas yaitu 0.180, di mana 0.180 > 0.05, dapat dikatakan data homogen. Untuk uji linieritas, perolehan nilai signifikansi sebesar 0.610, di mana 0.610 > 0.05, dapat dikatakan ada hubungan linier antara post-test kelas eksperimen dan control. Lalu untuk uji t test, di dapati nilai signifikansi sebesar 0.000, di mana nilai 0.000 < 0.05. dengan perolehan uji t test ini, maka dapat disimpulkan jika terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas control.
Kata kunci : media pembelajaran, video pembeajaran, Matematika trigononemtri, hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

