PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PRINSIP DESAIN USER INTERFACE DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Misgianti Mulyani Putri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Bachtiar Sjaiful Bachri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Menurut hasil observasi pada proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Surabaya jurusan
Multimedia kelas XII pembelajaran desain media interaktif tidak terlalu berpedoman pada teori
melainkan mata pelajaran ini hanya fokus pada produk yang dihasilkan hal tersebut membuat hasil
produk yang mereka buat cenderung tidak sesuai dengan dasar teori yang baik dan benar. Alhasil peserta
didik kurang mampu mengimplementasikan materi prinsip desain user interface ke dalam produk yang
dibuat. Tujuan dari pembelajaran ini yaitu dapat menganalisis prinsip-prinsip desain user interface dan
membuat multimedia interaktif sesuai aturan prinsip-prinsip desainnya. Penelitian pengembangan ini
menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap diantaranya adalah Analisis
(Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan
Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapat 80%, dan ahli media
mendapat 85%. Kemudian hasil uji coba perorangan 88%, hasil uji coba kelompok kecil 93% dan uji
coba lapangan 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah
layak digunakan dengan hasil baik dan sangat baik pada kriteria skala likert. Berdasarkan hasil uji coba
lapangan dengan menggunakan one group pre-test post-test design, diperoleh uji hasil uji-t sig 0,001 >
0,05. Dimana hal tersebut berarti ho ditolak dan ha diterima. Terjadi peningkatan kemampuan berpikir
kritis peserta didik setelah diberikan treatment berupa media pembelajaran digital game. Nilai pre-test
dan post-test menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 57,08 Dan post-test sebesar 64,39 yang berarti
terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa media
pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan
secara mandiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi prinsip desain user
interface.Abstrak ditulis maksimum 250 kata, memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan
penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil
penelitian.
Kata kunci : Multimedia Interaktif, User interface, ADDIE.

Published
2024-04-18
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0