Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Narrative Text Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X Sman 2 Pare
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif untuk materi Narrative Text dalam pelajaran Bahasa Inggris menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X/6 dan X/7 sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes, lalu dianalisis dengan skala Likert. Multimedia interaktif yang dikembangkan mendapat kategori "baik sekali" dalam uji kelayakan, dengan validasi ahli materi (89.2%), ahli media (95%), bahan penyerta (95%), dan ahli desain pembelajaran (94%). Hasil uji coba menunjukkan keberhasilan tinggi, dengan rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 86.38, lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 66.14. Analisis uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen, membuktikan bahwa multimedia ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Narrative Text dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris secara signifikan.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, ADDIE, Narrative Text
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

