PENERAPAN TEACHING FACTORY UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 10 SURABAYA

  • Meisya Nur Fadilah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Rusijono Rusijono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teaching factory dan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab siswa jurusan desain komunikasi visual di SMKN 10 Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Data tentang penerapan teaching factory dikumpulkan menggunakan teknik observasi, data tentang peningkatan tanggung jawab menggunakan angket dan diberikan pada siswa. Hasil penelitian didapatkan penerapan teaching factory terhadap aktivitas guru diperoleh rata-rata 100 dan terhadap aktivitas siswa diperoleh rata-rata 100% yang terletak antara kategori 81% - 100% jika di sesuaikan dengan kriteria masuk pada kategori sangat baik. Dari data kuesioner pada variabel pengaruh teaching factory terhadap peningkatan tanggung jawab diperoleh rata-rata 33,2 dan data kuesioner variabel skor tanggung jawab siswa teaching factory diperoleh rata-rata 33,4. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teaching factory dapat meningkatkan tanggung jawab siswa jurusan desain komunikasi visual SMKN 10 Surabaya.
Kata Kunci : Teaching Factory, Tanggung Jawab, Desain Komunikasi Visual

Published
2024-06-04
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 0