PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY ASSEMBLR EDU BERBASIS WEBSITE MATERI PRINSIP ANIMASI KELAS X SISWA SMK

  • Dita Putri Maharani Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Mustaji Mustaji Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan kelayakan media dan hasil belajar dengan menggunakan media AR assemblr edu berbasis web dengan materi prinsip animasi pada mata pelajaran dasar-dasar animasi kelas X Animasi SMK Negeri 2 Surabaya. Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuisioner (angket), dokumentasi, observasi, wawancara dan test. Pada teknik analisis menggunakan skala likert dan menggunakan data tes uji-t paired sample test. Desain penelitian ini menggunakan pretest- posttest one group design dengan sasaran penelitian untuk peserta didik kelas X Animasi SMK Negeri 2 Surabaya sejumlah 33 peserta didik. Hasil uji validasi ahli materi sebesar 75%, uji validasi ahli media sebesar 87,5%, uji validasi ahli desain pembelajaran 87,5%, sedangkan hasil uji coba individu 86,11%, uji coba skala kecil 89,35% dan uji coba skala besar 90,48%. Hasil uji termasuk kedalam kategori 75%-100%, sehingga dinyatakan Augmented Reality assemblr edu layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil analisis adanya pebedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest. Hasil uji-t hitung 17,089 > ttabel 2.03693. Kesimpulannya adalah media Augmented Reality assemblr edu mata pelajaran dasar-dasar animasi materi prinsip animasi layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada peserta didik kelas X Animasi SMK Negeri 2 Surabaya.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, AR, Prinsip Animasi, Model ADDIE

Published
2024-06-04
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 1