Pengembangan Media Video Pembelajaran Dasar-Dasar Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyampaian Pesan Dalam Mata Kuliah Pengembangan Media Grafis

  • Diaz Reyfandi Fahturozy Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Rusijono Rusijono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi prinsip dasar
desain grafis untuk meningkatkan kemampuan penyampaian pesan Model pengembangan yang dikembangkan
pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Jenis data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif dengan
uji coba kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan pretest dan posttest, lalu untuk teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk melihat kelayakan media meliputi ahli materi,
ahli media dan peserta didik. Sedangkan tes uji keefektifan media menggunakan Uji-T. Hasil uji validasi ahli
materi sebesar 92,3%, uji validasi ahli media sebesar 90,9%, , uji coba perseorangan 95,2%, uji coba kelompok
kecil 96,8%. Hasil uji validasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik dengan rentang nilai 81%-100%,
sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan media video pembelajaran prinsip dasar desain grafis layak
digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil analisis data posttest kelas kontrol dan eksperimen memperoleh
nilai sig. (2-tailed) 0.000 ≤ 0.05, sedangkan pada perhitungan rerata tes, diperoleh nilai rerata posttest kelas
eksperimen yaitu 87,64 lebih tinggi dari rerata pretest kelas kontrol yaitu 68,4. Kesimpulan hasil analisis tersebut
maka media video pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam
menyampaikan pesan secara visual. Sehingga media video pembelajaran prinsip dasar desain grafis layak dan
efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan,Video Pembelajaran, Prinsip Dasar Desain Grafis

Published
2024-06-04
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 2