Pengembangan media video animasi teknik pengambilan gambar mata pelajaran dasar desain komunikasi visual kelas X sekolah menengah kejuruan

  • Nila Arwita Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Bachtiar Sjaiful Bachri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Peneliti ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi yang layak dalam pembelajaran materi angle dan F.O.V guna proses pembelajaran pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan sebuah model pengembangan ADDIE, dengan menggabungkan pendekatan kualitatif serta kuantitatif. Analisis data yang dilakukan menggunakan penilaian kelayakan dan efektivitas. Desain peneliti menggunakan pre-test dan post-test peserta didik SMK Negeri 3 Surabaya. Temuan peneliti menunjukkan validitas yang tinggi oleh ahli materi, desain pembelajaran, serta media, yakni hasil validasi materi 86,6%, hasil desain pembelajaran 80% hasil media 95%. Pada hasil uji coba produk kelayakan media oleh perorangan rata-rata sebesar 97%, uji oleh kelompok 91%, uji kelompok besar hasil 97%. Sehingga, media video animasi terbukti efektif serta layak dipergunakan untuk proses pembelajaran kepada peserta didik di SMK Negeri 3 Surabaya.
Kata kunci: Media video animasi, efektivitas, kelayakan, proses pembelajaran, model ADDIE.

Published
2024-06-04
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 0