Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA 18 SURABAYA

  • Marcella Widdiyana Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Andi Kristanto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kesulitan belajar peserta didik dalam memahami mata pelajaran biologi yang cakupan materinya luas. Ditambah dengan perubahan Jam pelajaran yang relatif singkat peralihan kurikulum Merdeka yang menekankan pada pengembangan keterampilan dan skill. Tidak hanya itu, penggunaan media yang kurang inovatif masih berfokus pada buku modul dan ppt. Tujuan penelitian ini 1) Mengetahui Kelayakan media video pembelajaran untuk materi sistem peredaran darah mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya. 2) Mengetahui Keefektifan media video pembelajaran untuk materi sistem peredaran darah mata pelajaran Biologi kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya. Hasil pengembangan media video pembelajaran, dengan uji kelayakan skala likert. Uji kelayakan Ahli materi persentase 95% kategori sangat baik, ahli media persentase 97% kategori sangat layak, Ahli desain pembelajaran 98% kategori sangat baik. Uji keefektifan diperoleh melalui Uji-T menggunakan SPSS dimana nilai Sig (2.tailed) = 0.000 < 0,05 perolehan angka tersebut dapat peneliti simpulkan terjadi perubahaan yang signifikan terhadap hasil belajar anak terhadap penggunaam media video yang dikembangkan. Dengan demikian media video pembelajaran materi sistem peredaran darah pada manusia Layak ditarapkan dalam pembelajaran dan Efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Video, Video pembelajaran,

Published
2024-06-04
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 2