Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Prinsip-Prinsip Perancang Visual Kelas XI Desain Komunikasi Visual di SMK

  • Rizha Amad Ginaryo Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Mustaji Mustaji Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada materi prinsip-prinsip perancang visual yang layak serta efektif untuk peserta didik kelas XI Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 3 Surabaya. Model pengembangan menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan multimedia interaktif adalah angket dari ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Sedangkan tes uji keefektifan media menggunakan Uji T. Hasil penelitian dari validasi desain pembelajaran menunjukkan 95%, validasi materi 98,33%, dan validasi media 100% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari Uji T didapatkan sig. 0,0 < 0,5 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan, kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 64,43 sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai sebesar 82,71. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif pada materi prinsip-prinsip perancang visual dinyatakan efektif dalam mendukung proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Prinsip-Prinsip Perancang Visual

Published
2024-06-04
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 3