Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMKN 1 Kemlagi
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan dan pemahaman konsep peserta didik pada materi lingkaran kelas XI SMKN 1 Kemlagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperiment design yang berbentuk pre-test posttest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI DKV 1 dan XI DKV 2 SMKN 1 Kemlagi, dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran cooperative tipe STAD dan kelas kontrol yang memakai perlakuan biasanya yakni model pembelajaran ceramah. Pada uji T menggunakan rumus independent sample t test dengan signifikansi 5%. Hasil uji t dari angket keaktifan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji t post-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap keaktifan belajar dan pemahaman materi lingkaran mata pelajaran matematika kelas XI SMKN 1 Kemlagi.
Kata Kunci: Cooperative tipe STAD, Keaktifan Belajar, Pemahaman, Materi Lingkaran
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 51
,
PDF Downloads: 52