Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMKN 1 Kemlagi

Authors

  • Anisa Firdaus Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Andi Mariono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan dan pemahaman konsep peserta didik pada materi lingkaran kelas XI SMKN 1 Kemlagi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true eksperiment design yang berbentuk pre-test posttest control group design. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI DKV 1 dan XI DKV 2 SMKN 1 Kemlagi, dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran cooperative tipe STAD dan kelas kontrol yang memakai perlakuan biasanya yakni model pembelajaran ceramah. Pada uji T menggunakan rumus independent sample t test dengan signifikansi 5%. Hasil uji t dari angket keaktifan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji t post-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap keaktifan belajar dan pemahaman materi lingkaran mata pelajaran matematika kelas XI SMKN 1 Kemlagi.
Kata Kunci: Cooperative tipe STAD, Keaktifan Belajar, Pemahaman, Materi Lingkaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Firdaus, A., & Mariono, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar dan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Lingkaran Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMKN 1 Kemlagi. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/60339
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 52