CODESAVVY: PENGEMBANGAN E-LEARNING PEMROGRAMAN DASAR SCRATCH UNTUK KELAS XI DI SMKN 3 KEDIRI
Abstract
ABSTRAK
CODESAVVY merupakan media pembelajaran inovatif yang berbasis website untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pemrograman dasar Scratch di kelas XI SMKN 3 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik yang layak dan efektif pada materi pemrograman dasar menggunakan scratch. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket, dan tes untuk mengevaluasi efektivitas E-Learning CODESAVVY. Subjek penelitian meliputi validator ahli media, validator ahli materi pemrograman dasar, dan 34 siswa kelas XI SMKN 3 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Learning CODESAVVY terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar peserta didik dari hasil validasi para ahli media 100%, ahli desain pembelajaran 100% dan juga dari hasil uji coba kelompok kecil dan besar mendapatkan hasil masing masing 100% dan 99.06%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-learning CODESAVVY merupakan media pembelajaran inovatif yang layak dan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pemrograman dasar di SMKN 3 Kediri.
Kata Kunci: CODESAVVY, E-Learning, Pemrograman Dasar, Scratch, Media Pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

