PENGARUH MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SEJARAH LAHIRNYA DAULA SYAFAWI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI MA DARUL ULUM WARU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Pengaruh model collaborative learning terhadap motivasi belajar
peserta didik materi sejarah lahirnya Daulah Syafawi kelas XI MA Darul Ulum Waru (2) Pengaruh model
collaborative learning terhadap hasil belajar peserta didik materi sejarah lahirnya Daulah Syafawi kelas XI MA
Darul Ulum Waru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi
Experiment Design. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik pengambilan data
observasi digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi peserta didik. Sedangkan teknik tes digunakan
untuk memperoleh data mengenai hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dalam uji hipotesis menunjukkan
adanya pengaruh model collaborative learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik data uji-t untuk
motivasi belajar diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,002. Dengan demikian, nilai sig. (2-tailed) 0,002 ? 0,05 sehingga
Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model collaborative learning
terhadap motivasi belajar peserta didik. Sedangkan data uji-t untuk hasil belajar diperoleh nilai sig. (2-tailed)
0,000. Dengan demikian, nilai sig. (2-tailed) 0,000 ? 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model collaborative learning terhadap hasil belajar peserta didik pada
materi sejarah lahirnya Daulah Syafawi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Ips di Ma Darul
Ulum Waru.
Kata Kunci: Collaborative Learning, Motivasi Belajar , Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

