PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI POKOK FLUIDA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI MAN 1 LAMONGAN

  • Ryan Yoga Septian Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Rusijono Rusijono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kelayakan dan menguji efektivitas multimedia interaktif pada materi Fluida Statis di kelas XI MAN 1 Lamongan. Model pengembangan yang digunakan yaitu DDD-E (Drcide, Design, Develop and Evaluate) oleh Ivers and Barron, 2002:2. Karena model pengembangan ini memiliki pendekatan yang sistematis, fleksibel, dan evaluasi berkelanjutan. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan tes. Lembar angket yang bersifat tertutup berskala likert 1 sampai 5 sebagai alat ukur untuk menggumpulkan data, kemudian hasil angket dianalisi menggunkan teknik presentase. Temuan peneliti menunjukan hasil validasi oleh ahli media, ahli media, ahli desain pembelajaran, yakni hasil validasi media 95%, hasil validasi materi97,3%, validasi desain pembelajaran 98,18%. Pada hasil uji coba produk yang telah dilakukan diperoleh hasil uji coba perorangan 96,47%, uji coba kelompok kecil 95,68%, dan uji coba kelompok besar 95,41%. Data hasil penelitian uji t didapat nilai <0,001 lebih kecil dari sig 5%. Berdasarkan hasil persentasi dan uji t diatas dapat disimpiulkan bahwa multimedia interaktif pada materi pokok fluida mata Pelajaran Fisika kelas XI MAN 1 Lamongan terbukti layak serta efektif digunakna untuk proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, DDDE, Fisika, Fluida Statis

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0