Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality Pada Materi Unsur Kimia Mata Pelajaran IPAS Untuk Siswa Kelas X Analisis Pengujian Laboratorium SMKN 1 Driyorejo Gresik

  • Yongky Kurniawan Dwi Firmansyah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media E-Modul berbasis AR tentang unsur kimia dengan (2) menguji kelayakan media E-Modul berbasis AR dalam pembelajaran, dan memiliki tujuan (3) untuk mengetahui keefektifan media E-Modul berbasis AR materi unsur kimia pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan model pengembangan R & D menurut Sugiyono dengan tahapan diantaranya yakni Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Uji coba pemakaian, Revisi produk, Uji coba produk, Revisi Desain, Revisi Produk, Produk Massal. Kelayakan media diukur dari hasil perolehan data berupa angket validasi oleh para ahli dan hasil uji coba dengan menggunakan skala likert. Sedangkan keefektifan media E-Modul AR dapat diketahui dengan melakukan perhitungan uji T Independent sample T-test yang diperoleh dari pre-test dan post-test peserta didik. Hasil dari perhitungan uji coba perorangan menghasilkan persentase sebesar 86,67%, uji coba kelompok kecil sebesar 93,3%%, dan uji coba lapangan sebesar 96,89%. Dari uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Modul layak digunakan dalam proses pembelajaran. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan sudah reliable. Pada uji normalitas dan homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan taraf signifikan 5%. Kemudian pada Hasil uji-t ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” dengan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ diperoleh hasil sebesar 11.263 > 1.99444, yang dapat disimpulkan bahwasanya ๐ป0 ditolak dan ๐ป1 diterima, artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara data nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga media E-Modul berbasis AR materi unsur kimia dapat dikatakan efektif karena terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa kelas X APL SMKN 1 Driyorejo Gresik.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Augmented Reality, Unsur Kimia, R&D

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0