Pengembangan Media Komik Digital Materi Keragaman Identitas Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas X DKV SMKN 1 Driyorejo

  • Deviyana Luthfi Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Andi Mariono Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Kelayakan media komik digital tentang Keragaman Identitas dalam pembelajaran pada mata pelajaran PPKN kelas X DKV SMKN 1 Driyorejo. 2) Keefektifan media komik digital dalam meningkatkan daya tarik peserta didik dalam belajar pada mata pelajaran PPKN tentang Keragaman Identitas kelas X DKV SMKN 1 Driyorejo. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Hasil validasi materi, RPP dan media termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 82,2%, 100% dan 98,6%. Selanjutnya, uji coba kelayakan mendapatkan hasil yang sangat baik, uji coba perorangan 97,3%, uji coba kelompok kecil 95,5%, dan uji coba kelompok besar 91,8%. Uji validitas reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji normalitas dan homogenitas data berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan taraf signifikan 0,05. Selanjutnya, pada uji t post-test kelas kontrol dan eksperimen terdapat perbedaan secara signifikan dengan hasil 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Pengembangan, Komik, ADDIE

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0