Pengembangan Media Komik Digital Materi Keragaman Identitas Pada Mata Pelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Kelas X DKV SMKN 1 Driyorejo
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Kelayakan media komik digital tentang Keragaman Identitas dalam pembelajaran pada mata pelajaran PPKN kelas X DKV SMKN 1 Driyorejo. 2) Keefektifan media komik digital dalam meningkatkan daya tarik peserta didik dalam belajar pada mata pelajaran PPKN tentang Keragaman Identitas kelas X DKV SMKN 1 Driyorejo. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Hasil validasi materi, RPP dan media termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 82,2%, 100% dan 98,6%. Selanjutnya, uji coba kelayakan mendapatkan hasil yang sangat baik, uji coba perorangan 97,3%, uji coba kelompok kecil 95,5%, dan uji coba kelompok besar 91,8%. Uji validitas reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji normalitas dan homogenitas data berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan taraf signifikan 0,05. Selanjutnya, pada uji t post-test kelas kontrol dan eksperimen terdapat perbedaan secara signifikan dengan hasil 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Pengembangan, Komik, ADDIE
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)