PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA VIDEO MATERI REVOLUSI BESAR DUNIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 2 SIDOARJO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media video
materi revolusi besar dunia terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI
SMAN 2 Sidoarjo. Populasi siswa kelas XI SMAN 2 Sidoarjo berjumlah 263 siswa. Sampel
tidak diambil secara acak, kelas yang ditentukan menjadi sampel penelitian berjumlah 65
siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan tes yakni pemahaman siswa terhadap materi revolusi
besar dunia. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar
siswa kelompok eksperimen dengan mean 82.17 dan kelompok kontrol dengan mean 65.23.
Analisis yang diterapkan yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample ttest.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS
25.0 disimpulkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena Sig. (2- tailed) < 0,05, dengan
demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
dalam pemanfaatan media video materi revolusi besar dunia terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran kelas XI SMAN 2 Sidoarjo
Kata Kunci: Pemanfaatan, Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Revolusi Besar Dunia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

