Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Prosedur Pengukuran Bidang Pandang dan sudut Pengambilan Gambar untuk Meningkatkan Hasil Peserta Didik Kelas XI Jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto

  • Riza Ummami Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Alim Sumarno Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada materi prosedur bidang pandang dan sudut pengambilan gambar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah multimedia interaktif yang dikembangkan layak dan efektif untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Model pengembangan menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan multimedia interaktif adalah angket dari ahli materi, desain pembelejaran, serta ahli media. Sedangkan tes uji keefektifan media menggunakan Uji T.
Hasil penelitian dari validasi materi 96%, validasi desain pembelajaran 96%, validasi media 100%, serta validasi bahan penyerta 100% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari Uji T didapatkan hasil sig 0,000 < 0,05 yang artinya hasil belajar kelas kontrol dan kelompok eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 84,8 sedangkan rata-rata nilai post test kelas kontrol sebesar 69,8. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif berbasis android pada materi pengukuran bidang pandang dan sudut pengambilan gambar efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Prosedur Pengukuran Bidang Pandang dan Sudut Pengambilan Gambar, Hasil belajar.

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0