Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Pokok Prinsip-Prinsip User Interface Halaman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Multimedia di SMK Negeri 10 Surabaya

  • Novia Nurhalizha Suprastiana Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • utari Dewi Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif prinsip-prinsip user interface halaman web yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 10 Surabaya. Menggunakan model ADDIE dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tujuan pengembangan multimedia interaktif untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan. Uji coba media dilakukan melalui validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba peserta didik sebanyak 3 kali, yaitu uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi kelayakan didapatkan hasil persentase 95% dari ahli materi, 91% dari ahli media, 97% dari uji coba perorangan, 92% dari uji coba kelompok kecil, dan 93% dari uji coba kelompok besar. Dari hasil tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner atau angket, serta tes praktik (pre-test dan post-test). Diketahui hasil uji-t post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh hasil 0,00 < 0,05. Dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian pengembangan multimedia interaktif materi pokok prinsip-prinsip user interface halaman web untuk kelas XII Multimedia di SMK Negeri 10 Surabaya dinyatakan efektif dan layak diterapkan sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Prinsip-Prinsip User Interface, Hasil Belajar, model ADDIE

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0