Pengaruh Implementasi Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 4 Pasuruan

  • Agnes Cecilya Putri Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Citra Fitri Kholidya Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Keterampilan pemecahan masalah merupakan sebuah keterampilan yang membantu pebelajar memecahkan masalah secara efektif. Proses pemecahan masalah dalam matematika merupakan model pemecahan solusi. pemecahan masalah. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning. Dalam model ini, pebelajar mencari solusi dari masalah yang ada, tetapi juga memahami masalah dan mengumpulkan beberapa informasi yang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pebelajar dalam memecahkan masalah pada pebelajar kelas X di SMA Negeri 4 Pasuruan. SMA Negeri 4 Pasuruan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik true experimental design dengan menggunakan pretest-post test control group design. Desain penelitian ini menggunakan sampel dari populasi yang dipilih secara acak untuk mengukur efek dari perlakuan. Teknik tes dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data kuantitatif mengenai kemampuan pemecahan masalah pebelajar dalam pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya pada kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dimana hasil tersebut < nilai signifikansi 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pebelajar pada mata pelajaran matematika kelas X di SMA Negeri 4 Pasuruan.
Kata kunci: keterampilan pemecahan masalah, model problem based learning, matematika

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0