PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK POST PRODUCTION PADA MATA PELAJARAN VIDEOGRAFI KELAS XI DI SMK ISLAM PANGGUL

  • Putri Istikhomah Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Andi Kristanto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media video pembelajaran materi post production pada mata pelajaran videografi kelas XI DKV 1 SMK Islam Panggul. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dan tes. Sedangkan teknik analisis data angket kelayakan media menggunakan skala likert dan teknik analisis data tes menggunakan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil uji validasi dan ujicoba termasuk dalam kategori sangat layak dengan rentang nilai 75% - 100%. Berdasarkan persentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media video yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran videografi. Dari hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. 0.001 < 0.05, sedangkan pada perhitungan rata-rata terjadi peningkatan data hasil posttest sebesar 86,21 dibandingkan data hasil hasil pretest sebesar 58,57. Hasil uji n-gain diperoleh rata-rata n-gain score adalah 0,67 atau 67% yang berarti termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga, kesimpulannya media video materi post production layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Post Production, ADDIE.

Published
2024-06-04
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0