PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATERI HISTORIOGRAFI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMK PGRI 7 SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa e-modul interaktif materi historiografi pada mata pelajaran sejarah Indonesia yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas X di SMK PGRI 7 Surabaya. Landasan yang digunakan dalam pengembangan mengembangkan produk e-modul interaktif yaitu menggunakan model DDD-E. Instrumen yang digunakan untuk mengukur e-modul interaktif adalah angket yang divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli media, dan ahli materi untuk menguji kelayakan media e-modul interaktif kepada siswa kelas X di SMK PGRI 7 Surabaya. Pada media e-modul interaktif ini dikatakan layak karena kelayakan media diukur dari hasil perolehan data berupa angket validasi oleh para ahli dengan menggunakan skala guttman. Validasi pada ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase 87,5%, ahli media mendapatkan persentase 100%, dan ahli materi mendapatkan persentase 100%. Uji keefektifan dihitung dengan menggunakan uji T. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa e-modul interaktif materi historiografi pada mata pelajaran sejarah Indonesia dinyatakan efektif dengan hasil uji T diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan diketahui nilai yang didapatkan yaitu thitung 7.159 > ttabel 2.069 dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul Interaktif, Historiografi, DDD-E
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

