Pengembangan Media Board Game Virus dan Peranannya Pelajaran IPA Kelas X di SMAN 1 Geger

Authors

  • Diaz Azwad Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Irena Yolanita Maureen Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan pada Media Board Game Virus dan Peranannya Pelajaran IPA kelas X di SMA Negeri 1 Geger Madiun. Model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan subjek penelitian kelas X-7 dan X-10 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes. Jenis data kualitatif dan kuantitatif dianalisis menggunakan skala penilaian Likert. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dapat dinyatakan valid dan reliabel. Pada uji normalitas dan uji homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikasi 5%. Kemudian pada hasil perhitungan Uji T memperoleh hasil 0,000 < 0,05. yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media board game virus dan peranannya pada pembelajaran IPA kelas X dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Board Game, Virus dan Peranannya, ADDIE.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Azwad, D., & Maureen, I. Y. (2024). Pengembangan Media Board Game Virus dan Peranannya Pelajaran IPA Kelas X di SMAN 1 Geger. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(5). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/62332
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 67