PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAME BIG CITY ADVENTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH IHYAUL ULUM BLURI LAMONGAN
Abstract
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dengan menggunakan bahasa tersebut. Penguasaan bahasa (Language Knowledge) yang paling jelas diantaranya adalah pengetahuan tentang Grammar & Vocabulary. Seseorang akan sulit mengembangkan percakapannya jika Vocabulary yang diketahuinya sangat terbatas. Jadi masalah perbendaharaan kata-kata cukup memegang peranan penting dalam pelajaran Speaking, Reading, dan Writing. Menurut hasil observasi, wawancara dan survey dari seluruh siswa di sekolah MI Ihyaul Ulum Bluri Lamongan, siswa yang memperoleh nilai paling rendah adalah siswa kelas II pada mata pelajaran bahasa Inggris. Dari data yang diperoleh dari siswa kelas II 70% siswa kurang dapat menulis, mengingat, menghafal dan mengartikan kosakata bahasa Inggris.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media permainan Big City Adventure terhadap hasil belajar penguasaan kosakata pada pembelajaran bahasa Inggris kelas II MI Ihyaul Ulum Bluri Lamongan. Rancangan/Desain penelitian ini termasuk penelitian Pre Eksperimental dengan menggunakan Pre test and Post test One Group Design dengan pola desain O1 x O2.
Berdasarkan pada hasil analisis data observasi terhadap guru di atas diketahui bahwa pada proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan memanfaatkan media permainan game Big City Adventure diperoleh hasil perhitungan yakni hasil KK = 0,83 dan hasil IKK = 0,6666667. Setelah dikonsultasikan dengan rtabel maka N = 12 – 1 = 11 dengan signifikasi 5% maka rtabel 11 = 0,602. Dari data di atas diperoleh data yakni 0,6666667 > 0,602. Dengan demikian data yang dianalisis menunjukkan adanya persamaan atau kesepakatan antara observer I dengan observer II. Berdasarkan hasil persentase di atas merupakan hasil dari angka persentase setiap instrument yang ada dalam setiap item observasi diperoleh rata-rata 86,11%, jika hasil tersebut dikonsultasikan pada kriteria-kriteria presentase data kualitatif maka tergolong Baik Sekali. hasil analisis data Pre test dan Post test diketahui bahwa kemampuan menulis kosakata siswa menunjukkan peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dari perbedaan hasil nilai sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran yang telah dihasilkan. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil perhitungan dengan menggunakan Uji-t dengan taraf signifikan 5%, db=N-1=26 dengan t0,05 harga t=1,71 sehingga diperoleh hasil ttabel 1.71 dan thitung 24,16838. thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 24,16838 > 1.71.
Dengan demikian pada penelitian tersebut, Dalam hal ini media game Big City Adventure berpengaruh positif karena dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan lebih baik daripada menggunakan kamus. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Post test siswa sesudah memanfaatkan media permainan game Big City Adventure.
Kata Kunci : Pengaruh, Pemanfaatan, Menulis, Kosakata, Big City Adventure
Abstract
English is a tool to communicate orally and in writing. Communicate is to understand and express an information, thoughts, feelings, and develop science, technology and culture using the language. Mastery of language (Language Knowledge) is the most obvious of which is the knowledge Grammar and Vocabulary. Someone will be difficult to develop a conversation if he knew Vocabulary is very limited. So the problem enough Vocabulary plays an important role in Teaching, Speaking, Reading, and Writing. According to the results of observations, interviews and surveys of all students in the school MI Ihyaul Ulum Bluri Lamongan, students who received the lowest score is the Grade II on English subjects. From the data obtained from the second grade 70% of students are less able to write, memorize, memorize and interpret the English vocabulary.
This study aims to investigate the influence of media utilization Big City Adventure games on vocabulary learning outcomes in English language learning class II MI Ihyaul Ulum Bluri Lamongan. The design/design of this study included pre Experimental studies using a Pre test and Post test One Group Design with pattern design O1 x O2.
Based on the analysis of the above observations of the teacher is known that the learning process is done by utilizing media teacher game Big City Adventure obtained results of the calculation results and the results of KK = 0.83 IKK = 0.6666667. After consultation with rtabel then N = 12-1 = 11 with a 5% significance then rtabel 11 = 0.602. From the above data that the data obtained 0.6666667 > 0.602. Thus the data analyzed showed similarity or agreement between observers I and II observer. Based on the results of the above percentages are the result of a number of existing instruments percentage of each item in each observation gained an average of 86,11%. if the results of consultation on the criteria for qualitative data the percentage classified as Good Once. results of data analysis Pre test and Post test is known that the writing ability of students showed an increased vocabulary, it can be proved from the difference in the learning outcomes before and after the value of the learning that has been generated. This is shown by the results of calculations using the t-test with a significance level of 5%, db = N-1 with t0,05= 26, t = 1.71 05 price in order to obtain results ttable 1.71 and 24,16838 tcount greater than ttable that is 24,16838 > 1.71.
Thus in these studies, in this case the media game Big City Adventure positive effect because it can improve the students' vocabulary mastery is better than using a dictionary. This is indicated by the value of Post test students using the media after the game Big City Adventure.
Keywords: Effects, Utilization, Writing, Vocabulary, Big City Adventure
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

