ANALISIS KESESUAIAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BABAT

Authors

  • Angelia Putri Kinanti Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Irena Yolanita Maureen Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Analisis kesesuaian TikTok sebagai media pembelajaran karakter dilakukan berdasrakan dari
permasalahan terhadap siswa yang selalu mengikuti perkembangan teknologi melalui media sosial
sehingga terkadang memberikan dampak terhadap karakter siswa, entah dampak positif maupun negatif.
Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kesesuaian Tik Tok
sebagai media pembelajaran karakter siswa sesuai profil pelajar pancasila di kelas X SMA Negeri 1 Babat.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi, wawancara, lembar
validasi ahli, serta angket sebagai instrumen penelitian. Melalui observasi dan wawancara terhadap siswa
kelas X dan guru di SMA Negeri 1 Babat diketahui bahwa para siswa sebagian besar menggunakan
aplikasi TikTok sebagai hiburan, namun dipergunakan juga dengan hal yang positif seperti mencari
informasi terkini yang berpengaruh positif terhadap karakter peserta didik. Sedangkan penilaian
kesesuaian melalui validasi mendapat skor 86,66% dari ahli media dan 83,33 dari ahli materi, serta dari
penilaian angket mendapatkan skor 77,4%. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan jika TikTok dapat
digunakan sebagai media pembelajaran karakter peserta didik.
Kata Kunci : Analisis, TikTok, Karakter Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Kinanti, A. P., & Maureen, I. Y. (2024). ANALISIS KESESUAIAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BABAT. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(5). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/62973
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 99