PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUCAPKAN DOA SEBELUM DAN/ ATAU SETELAH MELAKUKAN KEGIATAN BAGI ANAK KELOMPOK A DI R.A PERWANIDA JAMBANGAN SURABAYA

Authors

  • IKA KURNIA MANDASARI

Abstract

Adanya siswa belum mampu mengucapkan doa sebelum dan / atau sesudah sesuai pada tingkat percapaian perkembangan pada anak kelompok A. Penyebab dari kesulitan tersebut dikarenakan siswa berbicara sendiri dan tidak bisa menjawab ketika guru mengajak siswanya untuk mengulang kegiatan berdo’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual yang dapat dimanfaatkan untuk proses pengembangan kemampuan membaca doa sehari-hari. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research & Development (R&D). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara tertutup dan observasi. Jenis data yang di peroleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil uji coba kelayakan media audio visual hasil pengembangan pada uji coba ahli materi I,II dengan 7,54 kategori sangat baik, ahli media I,II dengan 7,45 kategori sangat baik, uji coba satu-satu dengan 79,49% kategori baik, uji coba kelompok kecil 85% kategori baik sekali, uji coba kelompok besar 85,99% kategori baik sekali. Untuk mengetahui keefektifan media audio visual pengembang menggunakan uji tanda yang mana dihasilkan taraf kepercayaan  95 % dengan d.b = N-1 = 35-1 = 34 adalah 2,04 dan taraf hitung adalah 8,96. Apabila t-tabel < t-hitung, maka 2,04 < 8,96 yang berarti terdapat pengaruh yang sangat positif dan signifikan penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan mengucapkan doa sebelum dan/ atau sesudah melakukan kegiatan bagi anak kelompok A di R.A Perwanida Jambangan Surabaya

Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio Visual, Mengucapkan doa sebelum dan/ atau sesudah

 

Abstract

The presence of students has not been able to say a prayer before and/ or after the appropriate level on the development children in group A. the cause of the trouble is due to speck for themselves and the studens could not answer when the teacher invites students to repeat the activities prayed. This study aims to develop audio-visual media that can be utilized for the development of the ability to read the daily prayer. Type of developing using in this research is Research & Development (R&D) models. Methods in collecting data  using closed interview and observation. Various of data are both kualitative and kuantitative.

Result of try out in audio visual media that produce from try out of matery’s expert I,II  with 7,54 is categoried very good,, media’s expert I,II  with 7,45 categoried very good, try out one by one with 79,49 categoried good, try out in small group 85% categoried very good, try out in large group with 85,99% categoried very good. Result to find out the effectivity of audio visual media using a sign test, it comes out believe degree 95% with d.b = N-1= 35-1=34 is 2,04 with cost degree 8,96. If t-table < t-cost, so 2,04 < 8,96 that means there are some influence or  positive effect and significant in using of audio visual media to improve praying capability before and after doing activities in group A children at R.A Perwanida Jambangan Surabaya.

Keywords: developing audio visual media, praying before and after activities.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-07
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 55