PEMANFAATAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

Authors

  • INDRA NUR FITRIANA PERMADI

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis eksperimen One–“Group Pretest-Postest Design” dimana peneliti menggunakan pre test dan post test untuk mengetahui pemahaman kemampuan dasar siswa sebelum menggunakan media komputer pembelajaran dan sesudah menggunakan media komputer pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mojokerto mata pelajaran desain grafis pokok bahasan sketsa dan ilustrasi. Teknik analisa data menggunakan uji t terhadap perbedaan hasil belajar, baik sebelum maupun setelah diberi perlakuan. dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes.

Dari hasil analisis data selama guru memanfaatkan media komputer pembelajaran dapat diketahui bahwa pemanfaatan media komputer pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman materi pembelajaran. Dikarenakan Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan ceramah dari guru, tetapi juga aktifitas lain seperti mengamati, mendemostrasikan, memerankan. Sehingga pemanfaatan media komputer pembelajaran kelas XI MM (Multimedia) berpengaruh terhadap hasil belajar setelah perlakuan. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media komputer pembelajaran sangat baik untuk mendukung kegiatan pembelajaran desain grafis dengan pokok bahasan sketsa dan ilustrasi.

Kunci : Pemanfaatan, Media Komputer Pembelajaran, Desain Grafis

Abstract

This research includes experimental studies using experimental type One-"group pretest-posttest design" in which researchers used pre test and post test to determine student understanding of the material before learning to use computer media, and after learning to use computer media. Object of this research is class XI student of SMK Negeri 1 Mojokerto subject of graphic design subjects sketches and illustrations. The data analysis using t-test for differences in learning outcomes, both before and after a given treatment. and techniques of data collection in this study using observation and tests.

From the analysis of the data for teachers utilize instructional computer media can be seen that the usage of the learning computer media is able to increased the understanding material . Students may be due to many learning activities because not only listen to lectures from the teacher, but also other activities such as observing, demonstrating, playing. So the use of instructional computer media class XI MM (Multimedia) effect on learning outcomes after treatment. From these results it can be seen that learning by utilizing excellent learning computer media to support learning activities on the subject of graphic design and illustration sketch.

Keywords: Utilization, Computer Learning Media, Graphic Design

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-07
Abstract views: 39 , PDF Downloads: 31