Penerapan Model Pembelajaran Ikuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kompetensi Dasar Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Kelas VIII MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik

Authors

  • ULIDATUL LAILAH

Abstract

MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik  memiliki permasalahan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar masih menerapkan pengajaran dengan menggunakan metode ceramah yakni dengan menggunakan buku teks sebagai panduan bahan ajar. Ketika pembelajaran berlangsung lebih banyak siswa tidak mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru, akan tetapi siswa berbicara dengan teman sebangku, kurangnya pertanyaaan atau feedback guru kepada siswa terkait dengan materi yang disampaikan. Dalam hal ini, tentu saja berdampak pada hasil belajar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan sudah ditentukan sebelumnya. Inkuiri merupakan solusi atas pembelajaran ini. Hal ni didasarkan pada materi yang dibahas yakni siswa mempelajari alam semesta dengan menggadakan sebuah pengamatan secara alami berupa pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Sedangkan Inkuiri ini megarah pada rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir dan mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah  yang dipertanyakan.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian yang bersifat quasi eksperiment dengan menggunakan desain penelitian pre test and post tes goup. Subyek penelitian ini adalah siswa MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik dengan mata pelajaran Bilogi kompetensi dasar pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Jumlah sampel yang  diamati terdapat 23 siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dan 1 guru mata pelajaran Biologi. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk mencari perbedaan meannya (sebelum dan sesudah diberi perlakukan).

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahi adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran inkuiri dengan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil Uji t nilai siswa pre-tes dan pos-tes. t hitung 0,518 sedangkan t tabel 0,456  (t hitung 0,518 > t tabel 0,456) sehingga memberi peningkatan kepada hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model inkuiri baik diterapkan untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar Biologi kompetensi dasar pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Kata Kunci: penerapan, inkuiri, hasil belajar Biologi.

Abstract

MTS Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik has problems in teaching and learning activities. Teaching and learning still apply teaching methods lectures using a textbook as a guide to learning materials. When learning takes place more students don't listen to material presented by teachers, but the students are talking with classmate, question or lack of feedback of teacher to student is related to the material presented. In this case, of course, have an impact on the results of studying and learning objectives to be achieved and pre-set. Inkuiri is a great solution for this learning process. Terms of ni based on the material covered is that students learn the universe by  an observation in a natural form of growth and development in plants. While this Inkuiri megarah on a series of learning activities that emphasize on the process of thinking and the search for and find yourself.

This research included in this type of research is quasi eksperiment using design research pre test and post test group. The subject of this research is student MTS Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik with subjects of basic competency Bilogy the growth and development of plants. The samples that are observed there are 23 students, consist of 10 boy  students and 13 woman students and a  teacher biology. Data collection techniques in the study using observation and tests. While the data analysis techniques in this study using a t-test to find difference mean (before and after given a treat).

Based on the research results can be known the existence of significant influence between the application of the learning model inkuiri with improved student learning outcomes. This is evident from the results of the t-test values students pre and post tests-tests. t count 0,518 while 0,456 table t (t count & gt; 0,518 t 0,456 table) so  to give rise to learning  after being given the treatment. So accepted (Ha) and (Ho) was rejected. From the results it can be noted that the application of inkuiri model either applied to support the process of teaching and learning activities of biology basic competency growth and development of plants.

Keyword: application, inkuiri, the result of studying biology.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-07

How to Cite

LAILAH, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Ikuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Biologi Kompetensi Dasar Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Kelas VIII MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/6316
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 35