PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI STUDI KASUS PERANCANGAN VISUAL
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan problem based learning pada mata pelajaran prinsip dasar desain yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas XI di SMK NU Gresik. Landasan yang digunakan dalam pengembangan mengembangkan bahan ajar yaitu menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk mengukur bahan ajar adalah angket yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan bahan ajar kepada siswa kelas XI di SMK NU Gresik. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa bahan ajar pada mata pelajaran Prinsip Dasar dinyatakan Efektif dengan hasil uji N-Gain dinyatakan >76 yang termasuk cukup efektif.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Problem Based Learning, Studi Kasus Perancangan Visual
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

