PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI STUDI KASUS PERANCANGAN VISUAL

Authors

  • Mahaputri Aurora Anggun Pitaloka Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Fajar Arianto Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan problem based learning pada mata pelajaran prinsip dasar desain yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas XI di SMK NU Gresik. Landasan yang digunakan dalam pengembangan mengembangkan bahan ajar yaitu menggunakan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk mengukur bahan ajar adalah angket yang divalidasi oleh ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan bahan ajar kepada siswa kelas XI di SMK NU Gresik. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa bahan ajar pada mata pelajaran Prinsip Dasar dinyatakan Efektif dengan hasil uji N-Gain dinyatakan >76 yang termasuk cukup efektif.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Problem Based Learning, Studi Kasus Perancangan Visual

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-02
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 22