Evaluasi Program Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Generasi Sehat dan Cerdas (PNPM-GSC) di Kecamatan Pasean Pamekasan

Authors

  • AHMAD FADOLI

Abstract

Dalam UU RI NO. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 26 ayat 5, Kursus dan Pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pelatihan KPMD diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada PNPM-GSC Kecamatan Pasean Pamekasan. Namun, pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya, belum pernah dilakukan evaluasi sehingga tidak diketahui efektifitas pelatihan tersebut.

   Maka penulis melakukan penelitian evaluasi pada pelaksanaan pelatihan KPMD untuk meninjau dari segi kemanfaatan pelatihan, pemateri, strategi yang digunakan meliputi metode dan media, dan kemampuan peserta dalam menerima materi. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi.

   Penilaian context  memperoleh skor 76 dengan kategori baik. Penilaian input memperoleh skor 73 dengan kategori baik. Penilaian process mendapatkan skor 74 dengan kategori baik. Penilaian product yaitu berkaitan dengan hasil belajar peserta pelatihan, berdasarkan hasil uji t-test didapatkan t hitung sebesar = 10,02 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel (d.b. = N-1 = 18-1 = 17) dengan taraf signifikansi t0,05 diperoleh harga t  = 2,11. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta pelatihan mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hal tersebut di atas pelatihan masih dapat dilanjutkan, namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk pelatihan berikutnya diantaranya perumusan tujuan pelatihan disesuaikan dengan tujuan instruksional, dan pengadaan bahan ajar yang memuat materi dengan jelas dan disesuaikan dengan kemapuan peserta pelatihan

Kata Kunci: Evaluasi, Pelatihan

 

Abstract

Recorded in Indonesian law regarding on national education system on section 26 subsection (5) that a course and training program are conducted to provide people concerning to knowledge, hard skill, life skill, self development, professional development, work, entrepreneurship, and/or continue to higher education.  Therefore, it is urgent to conduct  a training in elevating human resource quality of national program of empower people of smart and healthy generation (PNPM-GSC) in Pasean subdistrict of Pamekasan. Nevertheless, the previous training had not been evaluated so the output of the training could not observable.

Based on the reason, the writer conducts a research dealing with the training implementation of villagers empower cadre (KPMD) to observe the usefulness of the training, the trainer, the strategy covering the method and the media applied, and the capacity of participant in accepting the material. The model of evaluation implemented is CIPP (Context, Input, Process, Product). The data collection techniques are observation, questionnaire, and documentation.

On context scoring reveals 76 which that good category. Dealing with input scoring it reveals 73 which that good category, too. The process scoring reveals 74 which is good category. The product scoring, that is learning output of the training participant, based on t-test examination shows that t-count = 10,02 consult with t table (d.b. = N-1 = 18-1 = 17) by the level of significance t 0,05 attained t value = 2.11. this shows that the learning output of the training participant increases significantly. Based on the result, the training could be continued eventough there should be some improvements, such as the objective of the training should conduct in mutual accord to the instructional objective, the learning material should be clearly composed and is in accordance with the training participant capacity.

Keywords: Evaluation, Training

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-07
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 349