PENGEMBANGAN MEDIA  TIGA DIMENSI (BONEKA TANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BAIK DAN SOPAN BAGI KELOMPOK A TK AT-THOHIRIYAH KRIAN SIDOARJO

  • AYU WIDIA YANTI

Abstract

Mengembangkan media tiga dimensi boneka tangan ini untuk meningkatkan perilaku baik dan sopan bagi siswa TK AT-Thohiriyah. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model R & D. Langkah-langkahnya: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan  data, 3) desain produk, 4) validasi pesan, 5) uji coba pemakaian , 6) revisi produk, 7) uji coba produk, 8) revisi desain, 9) revisi produk. Adanya model ini membantu dalam proses pembuatan media. Media yang digunakan yakni media tiga dimensi boneka tangan karena siswa TK cenderung lebih mudah untuk memahaminya

Hasil pengembangan di validasi melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Hasil analisis data dan pengembangan, terhadap uji ahli materi 1 yakni 3,375 tergolong sangat baik, ahli materi II yakni 3,13 tergolong baik, ahli media I yakni 3,6 tergolong baik, ahli media II 3,39 tergolong baik dan menunjukkan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media  Boneka Tangan terdapat peningkatan lebih signifikan dibandingkan menggunakan metode ceramah dan praktek langsung.. Hasil uji t padanilai t hitung > t tabel = signifikan  dengan nilai 11,11 < 2,704 = signifikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan media tiga dimensi ( boneka tangan) untuk meningkatkan perilaku baik dan sopanbagi siswa TK AT –Thohiriyah Krian Sidoarjo.

 

Kata kunci: media tiga dimensi, metode, perilaku baik

 Abstract

Develop a three dimensional media of hand puppets to increase good behavior and polite for student of kindergarten AT-Thohiriyah. The model used in this development is a model of R&D. The steps are: 1) the potential and problems, 2) data collection, 3) design of the product, 4) validation message, 5) utility testing, 6) revision of the product, 7) product testing, 8) design revisions, and 9) revision product. The existence of this model helps in the process of making media. The media is a three dimensional of hand puppets because this media more than easy to understanding for student of kindergarten.

Results are validated through the development of formative evaluation consisting of expert assessment and testing. Results of data analysis and development, to test the expert material I is 3.375 that is in excellent, the expert material II is 3.13 that is in fair, The media expert I is 3.6 that is fair, the media expert II is 3.39 that is quite good and shows once treated by using a three dimensional of hand puppets are more significant improvement than using lecture and practice method. T test result in table t count >  t value = significant with value of 11.11 > 2,704 = significant.Conclusion of this study shows that treatment with the use a three dimensional media of hand puppets can increase good behavior and polite for student of kindergarten AT-ThohiriyahKrianSidoarjo.

 

Keyword: three dimensional media, methods, good behavior

Published
2014-01-08
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 52