Humor sebagai Inovasi Taktik Mengajar Matematika di SMA: Studi Pendahuluan pada Guru di SMA Bekasi
Abstract
ABSTRAK
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih sering dianggap sulit dan menakutkan bagi sebagian siswa di sekolah. Faktanya, banyak sekali peran serta kegunaan matematika yang dipelajari di sekolah dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Guru sebagai seorang pendidik bertanggung jawab menciptakan rasa nyaman dan pembelajaran menyenangkan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu gaya mengajar yang bisa diterapkan dengan menyisipkan humor di setiap tahapan pembelajaran. Humor dapat diplih menjadi salah satu opsi dan alternatif dalam menerapkan gaya mengajar yang santai serta menciptakan lingkungan belajar yang tidak kaku, santai, tidak monoton serta berkesan riang dan menyenangkan Tujuan dari studi pendahuluan pada penelitian ini agar menelusuri penerapan rasa humor dalam gaya mengajar pada salah satu guru di SMA Bekasi. Melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta pendekatan kualitatif agar dapat mengidentifikasi penerapan rasa humor sebagai sebuah inovasi atau terobosan baru sebagai salah satu jenis gaya mengajar..
Kata kunci: humor, gaya mengajar, matematika
ABSTRACT
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 27
,
PDF Downloads: 30