PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK PENYAMPAIAN CERITA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 2 KUNJANG

Authors

  • MOCHAMAD FADZOLI

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang bertujuan agar siswa memahami,serta dapat menerapkan kemampuan berbahasa melalui empat komponen yaitu menyimak, berbicara , membaca, menulis. komponen berbicara adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa, dalam kurikulum Bahasa Indonesia kelas VII SMP terdapat kompetensi dasar Bercerita dengan urutan yang baik, namun berbeda dengan kondisi nyata di SMPN 2 Kunjang dimana kemampuan siswa dalam bercerita dengan baik masih rendah. Berdasarkan masalah yang telah dijabarkan pengembang memberikan solusi dengan mengembangkan media Komik pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian pengembangan adalah menghasilkan media komik yang dapat membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi pokok penyampaian cerita.
Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Arif Sadiman, model pengembangan ini dipilih karena langkah-langkah pengembangan yang sistematis dan mudah dalam pelaksanaanya dengan langkah-langkah mulai dari menganalisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merumuskan butir materi, merumuskan alat ukur keberhasilan, pembuatan naskah, dan uji coba,
Dari hasil uji coba yang dilakukan secara keseluruhan diperoleh hasil penilain yang menunjukan nilai 85 kategori baik sekali untuk ahli materi, Nilai 77,1 kategori baik untuk ahli media I, nilai 89,5 Kategori baik sekali untuk Ahli media II. Sedangkan untuk uji coba perseorangan mendapatkan nilai 80,9 kategori baik sekali, uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 87,2 kategori baik sekali, uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 84,8 kategori baik sekali, sehingga dapat di simpulkan telah dihasilkan media Komik mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Penyampaian cerita yang dapat digunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran
Kata Kunci: Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, pengembangan Media Komik, Model Arif Sadiman, Hasil pengembangan

Abstract
Indonesian language is the subject to understand, aimed at students and can apply the ability of speaking through four components, namely to review, speak, read, writing. Components speak is one ability to overrun by students. in indonesian language class VII SMP curriculum there are basic competence, stories in good order, but distinct to the real SMPN 2 Kunjang where the students in good stories in still low. Based on the problem has been elaborated developers provide solutions by developing media comic in indonesian language. Research purposes is to produce development media comic can help indonesian language learning process subject matter with the story
It refers to development model of arif sadiman, model of development was chosen because measures systematic and easily in the implementation by steps menganlisis necessity, ranging from formulating the objective, formulate matter, grains success, formulate a measuring instrument the manuscripts, and the trial,
From the results of tests conducted on the whole evaluation results obtained showed a 85 categories splendidly for a material, the value of a good category to 77.1 expert media I, the value of a good Category to ciut media expert II. As for the individual test scores 80.9 categories well, small group test gets an excellent category 87,2, large groups of test scores 84.8 splendidly, so the category can be deduce Comic media has generated Indonesian Language subjects subject matter Filing stories that can be used to assist in the learning process
Keywords: indonesian language, comic media development, arif sadiman model, the result of developing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-10
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 74