PENGEMBANGAN MEDIA CAI MATA PELAJARAN IPS SEJARAH TENTANG KEHIDUPAN PADA MASA PRA-AKSARA DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 SURABAYA

Authors

  • AZMIER ADINDA

Abstract

Mata pelajaran IPS Sejarah sudah ada dalam kurikulum disemua sekolah mulai dari SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB sampai SMA/MAN/SMALB. Karena mata pelajaran IPS Sejarah ini merupakan muatan lokal yang mana dalam proses pembelajarannya mengkaji peristiwa, fakta, konsep, dan pengetahuan sosialnya. Di SMP Negeri 34 Surabaya khususnya siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Sejarah tentang Kehidupan Pada Masa Pra-Aksara di Indonesia hanya bersumber pada buku paket dan media papan tulis serta kondisi sekitar lingkungan sekolah untuk menyampaikan pesan kepada siswa. Karena pelajaran ini tidak menceritakan pada kehidupan sekarang, yang diterangkan hanya ada pada kehidupan dimasa lampau. Berdasarkan beberapa masalah tersebut, pengembang memberikan solusi dengan mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) khususnya pada Mata Pelajaran IPS Sejarah materi tentang Kehidupan Pada Masa Pra-Aksara di Indonesia. CAI (Computer Assisted Instruction) (dalam Arsyad, 2002:35) adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikro-processor yang pelajarannya dirancang dan diprogram kedalam sistem tersebut. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media CAI. Metode pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media CAI adalah model pengembangan Research and Development (R&D) dikarenakan model pengembangan ini prosedural karena mengacu pada pengertiannya yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Data yang diperoleh dari uji coba produk media CAI ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, angket dan tes pada ahli materi dan ahli media berupa tanggapan dan saran yang hasilnya digunakan untuk memperbaiki media CAI.
Data kuantitatif hasil uji validasi ahli materi I memperoleh persentase sebesar 76.25 kategori baik, ahli materi II 91.25 kategori sangat baik, ahli media I 81.25 kategori baik, ahli media II 85 kategori baik, hasil uji coba perseorangan 77.5 kategori baik, uji coba kelompok kecil 81.04 kategori baik, hasil uji kelompok besar 86.93 kategori sangat baik. Berdasarkan penghitungan di atas terlihat nilai uji coba post tets kelas VII (85,45), lebih besar dari nilai rata-rata uji coba pre test (67,76), dalam pengujian signifikasi diperoleh harga t-hitung ( ) lebih besar daripada t-tabel (1,70).
Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CAI ini bisa diterima dengan baik oleh siswa sehingga dalam proses pembelajaran dengan menggunakan CAI dapat memperjelas penyampaian materi tentang Kehidupan Pada Masa Pra-Aksara di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, media CAI, Kehidupan Pada Masa Pra-Aksara di Indonesia, mata pelajaran IPS Sejarah.

Abstract:
History Social Science subjects already in the curriculum in all schools from elementary/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB through high school/MAN/SMALB. Because social studies is the history of local content which is in the process of reviewing the learning events, facts, concepts, and social knowledge. Junior High School 34 in Surabaya, especially students of class VII social studies History of Life In The Pre - Literacy in Indonesia is only sourced in textbooks and the media blackboard and conditions around the school to deliver a message to the students. Because this study does not tell the present life, which is explained only in the past life. Based on some of these issues, the developer provides a solution by developing media CAI (Computer Assisted Instruction), especially in social studies Subject matter of the Life History In The Pre - Literacy in Indonesia. CAI (Computer Assisted Instruction) (in Arsyad, 2002:35) is a delivery system that is the subject matter of micro - processor based lessons designed and programmed into the system. The development research aims to produce media CAI. Development methods used in the manufacture of medium CAI is a model development Research and Development (R&D) because the development model of procedural due reference to the understanding that outlines the steps that must be followed to produce the product. Data obtained from the products of media CAI test is qualitative data and quantitative data. The qualitative data obtained from interviews, questionnaires and tests on the matter experts and media experts in the form of comments and suggestions that the results are used to improve media CAI.
Quantitative data validation test results matter first experts material earn percentage of 76.25 was a good category, second expert material earn percentage of 91.25 was a excellent category, first media expert earn percentage of 81.25 was a good category, second media expert earn percentage of 85 was a good category, the results of individual trials earn percentage of 77.5 was a good category, a small test group earn percentage of 81.04 was a good category, the results of field tests earn percentage of 86.93 was a very well category. Based on the calculation above shows the value of post test tets class VII (85.45), is greater than the average value of the pre-test trials (67.76) , the price obtained in testing the significance of t-test (5.05) is greater than t - table (1.70). It is concluded that the development of CAI media to be well received by the students so that the learning process by using CAI to clarify the delivery of content on the Life In The Pre - Literacy in Indonesia To Improve Learning Outcomes Seventh Grade Students of SMP Negeri 34 Surabaya.
Keywords: Development, CAI Media, On Life In The Pre-Literacy In Indonesia, Social Science History Lesson Materials.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-13
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 41