PENGEMBANGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI POKOK DESCRIPTIVE TEXT KELAS VIII SEMESTER 1 DI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURABAYA
Abstract
Perkembangan dibidang IPTEK menjadi sebuah tantangan disemua lembaga pendidikan, termasuk SMP Muhammadiyah 6 Surabaya. Materi pelajaran disampaikan secara lisan berdasarkan LKS, gambar-gambar relevan dan tidak ada media yang digunakan untuk menarik minat siawa dalam proses pembelajaran di kelas. SMP Muhammadiyah 6 memiliki 2 ruang laboratorium komputer dan 6 LCD Projektor, tetapi fasilitas sekolah tersebut tidak dimanfatkan secara maksimal. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa 60% siswa kelas VIII A tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru dan nilai siswa kurang dari SKM yang ditentukan yaitu 75. Sehingga ditarik rumusan masalah bahwa “diperlukan pengembangan media macromedia flash pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi pokok Descriptive Text kelas VIII semester I di SMP Muhammadiyah 6 Surabaya”.
Langkah-langkah pengembangan menggunakan model Research and Development (R&D) dari model Sugiyono. Subjek uji coba meliputi ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VIII A. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara terstruktur dan pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan analisis perhitungan, yaitu modifikasi dari rumus analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil uji coba seluruh subjek, pengembangan media macromedia flash memperoleh nilai 79.71 (baik) dan materi yang disajikan didalam media memperoleh nilai 85.41 (sangat baik).
Kajian produk yang dihasilkan pada BAB V menunjukkan bahwa pengembangan media macromedia flash sudah layak dan efektif dimanfaatkan guru sebagai sarana atau alat untuk menyampaikan materi di dalam kelas.
Kata Kunci : Media, Media Macromedia Flash
Abstract : Development in Science and Technology becomes a challenge in all educational institutions including SMP Muhammdiyah 6 Surabaya. Subject material was delivered orally by LKS, relevant pictures, and no media was used to attract the students in the learning process in the classroom. SMP Muhammadiyah 6 Surabaya has two computer labs and 6 LCD projectors, nut those facilities were not used maximally. Observation showed that 60% of students of VIII a grade did not understand the material presented by the teacher. Students’ score was less than Minimum Standard Score of 75. Then, the writer conclude that teacher need development of macromedia flash media on descriptive text of English subject in the first semester of eight grade in SMP Muhammadiyah 6 Surabaya.
The development used a model of Research and Development (R&D) by Sugiyono. There were three testers, they were media experts, material experts, and students of VIII A grade. The data collection instruments were closed questionnaire, structured interviews, and pre test post test. The analysis used analytical calculation, namely the modification of descriptive analysis formula. Data obtained from the test result are macromedia flash development scored 79.71 (good) and the material presented in the media scored 85.41 (very good).
The study of the product in chapter V shows that the development of macromedia flash media is already feasibly and effectively used by the teachers as a mean to deliver the material in the classroom.
Keywords: Media, Macromedia Flash Media
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

