PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GARIS DAN SUDUT PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 16 SURABAYA
Abstract
Proses belajar mengajar adalah salah satu kegiatan yang penting dalam pendidikan agar dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapakan. Dalam suatu proses belajar diperlukan suatu strategi pembelajaran karena strategi pembelajaran adalah suatu sistem yang mempunyai peranan penting dalam suatu pendidikan, apabila belajar tidak menggunakan metode yang sesuai dengan masalah pendidikan yang ada maka pendidikan tersebut tidak akan mencapai tujuan yang ditetapkan. Selain itu strategi pembelajaran juga menjadi sarana untuk siswa agar lebih memahami suatu pembelajaran.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMPN 16 Surabaya dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran Matematika standart kompetensi garis dan sudut. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 16 Surabaya. Jumlah yang diamati pada penelitian ini adalah 38 untuk siswa yang diberikan perlakuan, perlakuan kelas VII A diberikan penerapan pendekatan CTL sedangkan pada pembelajaran sebelumnya hanya diberi metode konvensional. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t hitung terhadap perbedaan hasil belajar antara pre-test dan post-test setelah diberi perlakuan.
Hasil analisis data dan pengujian menunjukkan setelah diberi perlakuan dengan pendekatan CTL terdapat peningkatan lebih signifikan dibandingkan menggunakan metode sebelumnya. Hasil belajar para siswa yang diberi perlakuan dikategorikan mengalami peningkatan rata-rata kelas VII A (2930). Hasil t yang diperoleh = 2,249 dan d.b. = 37, jadi apabila hasil tersebut dikonsultasikan dengan tabel statistik pada tabel yang dilampirkan nilai t kritik pada
dan pada
(0,325< 0,418< 2,249), sehingga memberikan peningkatan hasil belajar setelah perlakuan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa perlakuan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan menggunakan metode sebelumnya atau konvensional untuk materi garis dan sudut pada siswa kelas VII SMPN 16 Surabaya.
Kata kunci: Pengaruh , Pendekatan CTL, Garis dan Sudut.
Abstract:
Teaching and learning process is one of the important activities in education to help students to achieve the learning objectives have been stood. In a study process required a learning strategy for learning strategy is a system that has an important role in an education , when the study did not use appropriate methods to educational problems that are then education will not achieve the objectives set . Besides learning strategies also become a means for students to better understand the lessons learned.
In this study researchers using approach contextual Teaching And Learning ( CTL ) to determine the effect on students' learning outcomes Junior High School 16 in Surabaya in the process of learning and teaching in particular subjects of Mathematics competencies standart lines and angles. Research subjects are students of class VII Junior High School 16 in Surabaya . Total observed in this study was 38 students assigned to conduct, the conduct of class VII A given implementation of CTL approach in learning whereas previously only given conventional methods . Data analysis techniques using t test analysis to calculate the differences in learning outcomes between pre-test and post-test after being given treatment .
The analysis of the data and testing show after being treated with CTL approach , the increase is more significant than using the previous method . The student learning outcomes are categorized treated with increased average class VII A ( 2930 ¬) . Results obtained t = 2,249 and d.b. = 37 , so when the product was consulted by the
statistics table in the table attached to the t criticism on and on ( 0.325 < 0.418 < 2.249 ) , thus providing increased learning outcomes after treatment .
The conclusion of this study is showing that treatment using CTL approach can improve learning outcomes compared with the previous method or conventional material and the angle of the line VII Junior High School 16th grade students in Surabaya .
Keywords: Influence, CTL approach , lines and angles .
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

