Pengembangan Media Cai (Computer Sissted Instruction) Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Materi Fotosintesis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Mts. Negeri Surabaya 2
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pengembang di MTs. Negeri Surabaya 2, disekolah tersebut mata pelajaran sains atau IPA merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa terutama pada mata pelajaran biologi. Salah satunya pada materi fotosintesis karena materi tersebbut adalah materi banyak menggunakan istilah latin dan butuh percobaan di lapangan. Kegiatan pembelajaran di MTs. Negeri Surabaya 2 menggunakan kegiatan pembelajaran yang klasikal menggunakan buku pelajaran dan menggunakan metode ceramah dan percobaan di laboratorium dengan ketersediaan alat yang terbatas.Sehingga menimbulkan kurangnya motivasi belajar siswa.Hal ini yang mendasari pengembang untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) di MTs. Negeri Surabaya 2.
CAI(Computer Assisted Instruction) merupakan media yang sangat kompleks dan merupakan pembelajaran yang dibantu komputer.Maka dengan adanya media CAI (Computer Assisted Instruction) diharapkan siswa dapat memahami secara jelas materi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dengan mengggunakan metode Research and Development (R&D) sampai dengan tahap delapan diperoleh data hasil uji validasi ahli materi I termasuk kategori baik, ahli materi termasuk kategori sangat baik, ahli media I termasuk kategori baik, ahli media II termasuk kategori sangat baik, hasil uji coba perseorangan 84.17% kategori baik, uji coba kelompok kecil 85.0% kategori baik, hasil uji lapangan atau kelompok besar 87.41% kategori sangat baik. Hasil pre test 51, 39 dan post test 94,72. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) dapat membantu proses belajar mengajar pada Mata Pelajaran IPA Biologi Materi Fotosintesis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surabaya 2.
Kata Kunci: Pengembangan, media CAI, Fotosintesis, mata pelajaran IPA Biologi, Research and Development.
Abstract
Based on the observationsin Surabaya StateMadrasah 2, sciencesubjectsconsidereddifficultby the student, especially biology. One isthephotosyntheticmaterialbecausethe materialis alotandneedto usethe Latintermfield trials. Learning activitiesinSurabaya StateMadrasah 2 usesclassicallearning,activitiesusingtextbooks andusingmethod lecturesandlaboratory experimentsbylimitedavailability oftools. Rise toa lack ofstudent motivation. This is underlyingdeveloper todevelopCAI(Computer Assisted Instruction) media inMTs. Surabaya State2.
CAI(Computer Assisted Instruction) is averycomplexmediumandacomputer assisted learning. By the CAI(Computer Assisted Instruction) students are expected tounderstandthe materialclearly. Based onthe results ofthe researchto use traditionalmethods ofResearchand Development(R&D) up to8thstages:obtainedvalidation testresults.Earn percentageofeither category, a categoryof materialIIexcellent, media experts IIeither category, mediaexpertII verywell, the results of84.17% either category, a smalltestgroup85.0% both categories, the results offield testsor alargegroup of87.41% is very goodcategory. 51, 39The results ofthe pre test, post-test and94.72. It can be concludedthat thedevelopment ofCAI(Computer Assisted Instruction) mediacanassistin thelearning process of scienceSubjectfor BiologyPhotosynthesis matterinSurabaya StateMadrasah 2.
Keywords: Development, CAI (Computer Assisted Instruction) media, Photosynthesis, sciencesubjectsBiology, Researchand Development (R&D).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

