PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KIMIA TENTANG KLASIFIKASI ZAT KELAS VII SMPN 2 WONOAYU
Abstract
Kurangnya penguasaan teknologi pada pengembangan media oleh para pengajar seringkali menjadi penyebab tidak optimalnya proses pembelajaran di sekolah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Salah satu penyebab kurangnya proses yang maksimal pada pembelajaran di SMP Negeri 2 wonoayu yaitu terdapat pada mata pelajaran kimia. Kimia merupakan pelajaran yang tidak bisa dianggap mudah, materi yang dianggap sulit adalah materi asam, basa, dan garam.Dikarenakan siswa belum mampu mengelompokkan sifat dan rumus-rumus dari larutan asam, basa, dan garam.Pada SMP Negeri 2 Wonoayu ketersediaan alat pendukung pembelajaran bermedia sangatlah memadai, tetapi media pembelajaran yang inovatif masih sangat terbatas, guru cenderung menggunakan media yang masih sangat sederhana seperti buku paket.Dalam kaitannya dengan fungsi dan tujuan media komputer pembelajaran, dapat ditekankan bahwa penggunaan media komputer pembelajaran pada SMP Negeri 2 Wonoayu ini bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi memiliki fungsi tersendiri yaitu sebagai bagian integral untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif.Penggunaan media pembelajaran yang semula berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa.Media komputer pembelajaran adalah media yang digunakan secara langsung untuk fasilitas belajar dan sertifikasi belajar.Menggunakan komputer pembelajaran, belajar lebih mudah dan menjadikan (fasilitas) lebih maksimal.Penggunaannya menghasilkan sebuah rekaman dan belajar menjadi tujuan.
Dari ulasan masalah diatas, diperoleh media untuk mengatasi masalah tersebut yaitu, pengembangan media komputer pembelajaran.Sasaran pengembangan yaitu siswa SMP Negeri 2 Wonoayu.Selain menghasilkan produk, dihasilkan juga buku petunjuk pemakaian program media komputer pembelajaran.Data keseluruhan hasil uji coba menunjukkan media komputer pembelajaran memperoleh kategori sangat baik.Simpulan, peneliti menunjukkan bahwa subyek uji coba merespon dengan baik.
Kata Kunci: Pengembangan, media komputer pembelajaran.
Abstract:
Lack of proficiency in the development of media technology by the instructor does not allow optimum often the cause of the learning process, so that students have difficulty in understanding the material. One of the causes of lack of maximal learning process in SMP Negeri 2 wonoayu that is found in chemistry. Chemistry is a subject that can not be treated easily, the material is considered confidential material acid, alkali, and salt. Due to the nature of the students have not been able to classify and common rules of the acid solution, alkali, and salt. On SMP Negeri 2 Wonoayu availability of learning support tool bermedia is sufficient, but innovative learning media is still very limited, teachers still tend to use very simple media such as text books. In relation to the functions and purposes of learning computer media, be emphasized that the use of computer media learning in SMP Negeri 2 Wonoayu is not an additional function, but has its own function which is as integral to creating a more effective learning situations. The use of media based learning in teachercentered learning patterns of students. Learning computer media is media that is used directly for learning and certification facilities study. Using computer learning, and makes learning easier ( facilities ) over the maximum. Its use resulted in a recording and learn to be objective .
From the review of the above problems, acquired media to tackle the problem is, the expansion of learning computer media. Development that target students of SMP Negeri 2 Wonoayu. In addition to producing, produced also guide the application of computer media learning program. Data overall trial results show learning computer media get very good category. Knot, researchers showed that test subjects respond well.
Keywords: Development, computer learning media
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

