PENGEMBANGAN MEDIA MODUL DIGITAL TENTANG DESAIN WEB HTML UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESAIN WEB SISWA KELAS X TPPPP MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMKN 1 LAMONGAN
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan merupakan usaha pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, keterampilan dan keahlian, sehingga lulusannya dapat mengembangkan kinerja apabila terjun dalam dunia kerja. Lulusan yang sesuai standar SMK dapat dihasilkan melalui pembelajaran yang ideal dan didalamnya mengandung komponen yang saling berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Hal tersebut berbanding terbalik, seperti yang terjadi di kelas X jurusan TP4 SMK Negeri 1 Lamongan. Berdasarkan hasil belajar siswa dapat dilihat bahwa hanya 40% dari 35 siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimal) pada mata pelajaran produktif materi desain web HTML.
Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka perlu adanya pengembangan media modul digital desain web HTML. Pengembangan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mendesain web siswa kelas X jurusan TP4 pada mata pelajaran produktif di SMKN 1 Lamongan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan R&D (Research and Development), karena penelitian ini akan menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes. Kelayakan media modul digital dilihat dari angket ahli dan uji coba produk.
Diketahui hasil penelitian yang dilakukan bahwa tingkat kelayakan media berdasarkan ahli materi 84,3% dan ahli media 81,5%, menunjukkan bahwa media sangat baik. Hasil kelayakan berdasarakan uji coba pemakaian 82,5% sedangkan pada uji t diketahui 20,76 > 1, 697. Berdasarkan perhitungan di atas dengan taraf signifikan 5%, maka db= 35-1= 34 kemudian diperoleh = 1,697. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan media modul digital desain web html siswa kelas X TP4 SMKN 1 Lamongan mengalami peningkatan kemampuan mendesain pada materi desain web html.
Kata kunci : modul digital desain web HTML, kemampuan mendesain
Abstract
Vocational high school is a business government to create human resources that have ability, skill, and expertise, so that the graduated students can develop their performance in the working life. The standard graduated students can be get with ideal learning process and which in includes interconnected component to reach the purpose. It is different from the fact in tenth graders of TP4 SMK Negeri 1 Lamongan. Based on the result of students learning process, it can be see that 40% for 35 students get higher score than SKM (Standar Ketuntasan Minimal) in productive subject, chapter web HTML designing.
Based on that observation, it is needed a development digital module media of web design. This development is expected to improve the designing ability of TP4 tenth graders SMK Negeri 1 Lamongan in productive subject. The research design used in this research is R&D, because this research will produce certain product and testing. It examines the effectiveness of that product. The instruments were questioner and test.
Based on the research, it is known that the level of the eligibility of media which based on the material expert 84,3% and the media expert 81,5%, show that media is very good. The result of one trial big group is 82,5%, and for t test is 20,76 > 1,697. Based on the calculation with significance 5%, so 50 db=35-1 = 34. Then it is gotten = 1,697. The conclusion is the use of digital module media web design HTML of TP4 tenth graders SMK Negeri 1 Lamongan is improves the designing ability in web HTML designing chapter.
Keywords: digital module web HTML design, the ability of designing
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

