Evaluasi Implementasi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Dan Tujuan Pembelajaran (TP) dengan Model Countenance Stake Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMKN 4 Surabaya
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan evaluasi implementasi kurikulum merdeka yang terceminkan melalui penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berdasarkan capaian pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui kesesuaian antara capaian yang diharapkan oleh kurikulum merdeka secara umumnya dan prosedur yang diberikan dengan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi Countenance Stake yang dinilai sesuai dengan tujuan penelitian ini diadakan. Model ini menitikberatkan pada pemeriksaan dokumen pada kondisi sebelum (antecedents), kondisi berlangsung (transactions), dan kondisi hasil (outcomes). Selain pemeriksaan dokumen, pengumpulan data juga diperoleh melalui wawancara pendidik, peserta didik, serta pemeriksaan kelengkapan bahan pembelajaran yang kemudian diolah dengan teknik triangulasi untuk menguatkan validasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model Countenance Stake, implementasi ATP dan TP dari segi antecedents kurang sesuai dengan panduan yang diberikan namun tetap sesuai dengan capaian pembelajaran. Dari segi transactions dan outcomes dinilai sesuai sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi dilaksanakan dengan baik oleh pendidik. Hendaknya pihak terkait mempertahankan hasil baik ini.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Countenance Stake, Kurikulum Merdeka, Alur Tujuan Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran, Bahasa Indonesia kelas X
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 183