Pengembangan Media Foto Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pokok BerceritaUntuk Siswa Kelas V SDN Sukorejo I Bojonegoro

Authors

  • PETRICK KRISTIANDY

Abstract

Kurikulum pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah dasar terdapat Standart Kompetensi memahami cerita
tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan. Salah Satu Kompetensi Dasar yang harus
ditempuh guru dan siswa adalah Menceritakan kembali isi peristiwa dalam cerita. Kondisi nyata yang ada di SDN
Sukorejo I pada materi palang merah adalah siswa merasa kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerita. Faktor yang
memperngaruhi adalah gambar di LKS masih bersifat hitam putih belum dapat dikatakan gambar yang nyata. Dengan
adanya satu sumber tersebut, menjadikan proses pembelajaran kurang bervariatif, siswa merasa kesulitan dalam
menjalani proses belajar mengajar hal itu dikarenakan metode yang digunakan masih bersifat sederhana serta media yang
digunakan belum ada hanya menggunakan bahan ajar berupa LKS. maka terdapat beberapa masalah pendidikan yang
terjadi dalam proses pembelajaran, khususnya pada standart kompetensi Memahami cerita dan menceritakan kembali.
Untuk itu perlu adanya media foto dalam pembelajaran agar siswa merasa senang mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia.
Model pegembangan yang digunakan dalam media foto ini adalah R&D yang pengembangannya tidak sampai pada
produksi media massal karena hanya bersifat uji formatif. Data yang diperoleh dari uji coba produk media foto ini adalah
data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari angket wawancara pada ahli materi dan ahli media berupa
tanggapan dan saran yang hasilnya digunakan untuk memperbaiki media foto. Data Hasil pengembangan divalidasi
melalui evaluasi formatif yang terdiri dari penilaian ahli dan uji coba. Hasil analisis data dan pengembangan, terhadap uji
ahli materi yakni 100 tergolong sangat baik, ahli materi I yakni 100 sangat baik, ahli media II yakni 100 tergolong sangat
baik, sedangkan uji coba peserta didik kelompok besar yakni 97.01 tergolong baik. jadi media ini layak digunakan dalam
proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi bercerita siswa kelas V di SDN Sukorejo I Bojonegoro
Kata kunci: pengembangan, media foto, mata pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Curriculum on Indonesian Subjects fifth grade elementary school are Competency Standards understand the story of an
event and short stories that children delivered orally.One basic competencies that must be taken teachers and students are
retelling the contents of the events in the story Real conditions that exist in the material of Sukorejo elementary school
on the red cross of matter is students feel difficulty in retelling the story.Factors affecting the image the sheet is the
competence of students in black and white still images can not be said to be real.With the existence of these sources,
making the learning process less varied,students feel the lack of enthusiasm in undergoing the learning process it is
because the method used is simple and the media that are used are not only using teaching materials in the form of
modules.then there is some educational problems that occur in the learning process, particularly on competency standards
Understand and retell stories.For that we need the variation in learning so that students feel happy to follow the lesson
Indonesian.The method used in the development of the media this photo is the R & D development is not up to the
production of mass media as merely a formative test.Data obtained from the test product photo media are qualitative and
quantitative data. The qualitative data obtained from the questionnaire interview on matter experts and media experts in
the form of comments and suggestions that the results are used to improve media images.Data results are validated
through the development of formative evaluation consisting of expert assessment and testing. The results of the data
analysis and development, matter experts to test the 100 is quite very good, a matter I got a score of 100 and classified as
very good, medium II expert scored 100 and classified as very good, while testing a large group of students that 68,67 is
good. So it’s a good medium to use in learning the subject matter tells Indonesian fifth grade student SDN Sukorejo I
Bojonegoro.
Keywords: development, media, photo, Indonesian Language

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-22
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 38