PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN TENTANG PERKAKITAN DAN INSTALASI PC PADA MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA UNTUK SISWA KELAS X DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO
Abstract
Berdasarkan hasil observasi siswa mengalami kesulitan belajar mengenai komponen perakitan PC dan fungsinya, tidak adanya media yang digunakan oleh guru untuk memperjelas materi. Selama ini guru hanya menggunakan buku panduan yang minim menyajikan visualisasi perakitan dan instalasi PC. Dengan demikian siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Dari permasalahan yang terjadi kegiatan belajar mengajar di SMKN 1 Jetis Mojokerto pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan multimedia membutuhkan sebuah media yang dapat digunakan sebagai faktor penunjang untuk mempermudah siswa belajar baik dengan didampingi guru atau secara individu, yang dapat meningkatkan interaksi siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi dengan menggunakan media tersebut. Dalam hal ini akan dikembangkan media komputer pembelajaran dengan materi perakitan dan instalasi PC. Dalam media ini akan disajikan pembahasan materi dijabarkan secara detail dilengkapi dengan video dan simulasi perakitan PC agar siswa memahami tahapan dalam merakit sebuah PC. Metode pengembangan ini menggunakan metode research and development dalam mengembangkan media komputer pembelajaran, dengan desain uji coba produk yang telah dikembangkan dari model R&D untuk menguji kelayakan untuk dikembangkan. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Hasil yang diperoleh pada uji coba kelayakan untuk ahli materi dikatagorikan sangat baik, sedangkan untuk ahli media dikatagorikan baik. Uji coba pada perorangan dapat dikatagorikan Sangat baik, untuk uji coba kelompok kecil dikatagorikan sangat baik, sedangkan uji coba kelompok besar dapat dikatagorikan sangat baik.
Kata kunci: pengembangan, media komputer pembelajaran.
ABSTRACT
Based on the results of observation of students experiencing difficulty learning about the components of the Assembly of the PC and its function, the absence of media used by the teacher to clarify the matter. During this time the teacher uses only minimal booklet presents visualization of Assembly and installation of the PC. Thus students have difficulty understanding the material. Of problem that happens learning and teaching in SMKN 1 Jetis Mojokerto areas in elementary subjects of vocational competence multimedia need a media that can be used as a factor supporting to ease students studying both accompanied by a tutor or individually, that could boost the interaction of students and so students more easily understood matter with the use of the media. In this computer will be developed media learning with matter of assembling and installation of PC and in a media discussion matter elaborated in detail furnished with video and simulation assembly pc that students understand the stages in assemble a PC. This development method using the methods of research and development in developing media computer learning, with trial design products that have been developed from the model R&D, to test the feasibility to develop. Method of collecting data using the documentation, observation, interviews, and a question form. The results obtained on the eligibility test for expert content is found on very well, while for media experts is found on both. Trials on individuals can be found on very good, to test your small group is found on very well, while large groups of trials can be found very good
.
Keywords: development, computer media of learning.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

