PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI)PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GAYA UNTUK KELAS VIII DI SMPN 1 TEMBELANG JOMBANG

Authors

  • ERIX TRIADI BRAMIANTO

Abstract

Keberagaman gaya  belajar pada peserta didik sangat mempengaruhi dalam proses pemilihan media yang tepat dalam proses pembelajaran guna mencapai keberhasilan belajar yang ingin dicapai,  disamping itu tingkat kecepatan berpikir yang berbeda-beda pada peserta didik dalam memahami informasi yang diberikan memerlukan media yang dapat digunakan oleh slow learner dan   fast learner untuk mencapai standart keberhasilan yang ditentukan. Tujuan dari penilitian ini adalah menghasilkan media CAI. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Media dan Bahan Ajar. Metode yang digunakan adalah metode angket dan wawancara.

Data kuantitatif hasil uji validasi ahli materi memperoleh prosentase sebesar 87% kategori baik sekali, dari ahli media diperoleh nilai prosentase sebesar 82% baik sekali dan nilai prosentase subjek uji coba sebesar 77% kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komputer pembelajaran (CAI) pokok bahasan gaya dikatakan layak untuk disebarluaskan sebagai media belajar untuk siswa kelas VIII di SMPN 1 Tembelang.

Kata Kunci: CAI, model pengembangan media dan bahan ajar, gaya

 

Abstract

The diversity of learning styles among students greatly influence the appropriate media selection process in the learning process in order to achieve learning success to be achieved , in addition to the rate of speed of thought different learners in understanding the information provided requires media that can be used by slow learner and fast learner to achieve the prescribed standard of success. The purpose of this research is to produce media CAI. The model used in this research is the development of models of the development of Medium and Instructional Materials . The method used is the method of questionnaires and interviews .

 

Quantitative data validation test results matter experts get percentage of 87 % excellent category, from media experts obtained percentage value of 82% excellent and the percentage value of the test subjects 77 % either category. It can be concluded that the development of learning computer medium (CAI) chapter style is said to be disseminated as a medium worthy of study for Grade VIII students at SMPN 1 Tembelang.

 

Keywords: CAI , model of media development and teaching materials, force

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-22

How to Cite

TRIADI BRAMIANTO, E. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI)PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GAYA UNTUK KELAS VIII DI SMPN 1 TEMBELANG JOMBANG. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/6572
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 20