Pengembangan Game Edukasi “MONPEMSEI” Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Pergerakan Nasional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kademangan
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi Pergerakan Nasional mata pelajaran Sejarah Indonesia untuk kelas XI SMA Negeri 1 Kademangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Kelayakan media diukur dari hasil data validasi oleh ahli dan uji coba pada peserta didik menggunakan pengukuran skala likert. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan hasil uji coba yang dilakukan oleh peserta didik mendapatkan hasil sangat baik. Pada uji validitas dan reliabilitas butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Pada uji normalitas dan uji homogenitas hasil perhitungan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Hasil uji T memperoleh mendapat nilai sig. 0,001<0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada post-test dan pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata kunci: game edukasi, efektivitas, kelayakan, proses pembelajaran, model ADDIE.
ABSTRACT
The purpose of this development research is to determine the feasibility and effectiveness of interactive multimedia material on the National Movement for the Indonesian History subject for class XI SMA Negeri 1 Kademangan using the ADDIE development model. Media feasibility is measured from the results of validation data by experts and trials on students using Likert scale measurements. The results of validation carried out by experts and the results of trials carried out by students obtained very good results. In the validity and reliability test, the question items were declared valid and reliable. In the normality test and homogeneity test, the calculation results show that the data is normally distributed and homogeneous. The T test results obtained a sig value. 0.001<0.05 which means there is a significant difference in the post-test and pre-test of the experimental class and control class.
Keywords: educational games, effectiveness, feasibility, learning process, ADDIE model.
Downloads
Published
Versions
- 2025-03-24 (2)
- 2025-03-24 (1)
Issue
Section
