PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGANNYA UNTUK SISWA KELAS V DI SDN GUNUNG ANYAR TAMBAK 628 SURABAYA

Authors

  • VINA AKMALA DIENY

Abstract

CAI merupakan media interaktif yang dapat digunakan dengan karakteristik peserta didik pada tingkat kecepatan yang berbeda-beda dalam memahami informasi yang diberikan serta memadukan antara audio dan visual. CAI adalah media yang sesuai dengan kompetensi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya dengan karakteristik siswa kelas V SDN Gunung Anyar Tambak 628.

Tujuan dari penilitian ini adalah menghasilkan media CAI dan mengetahui keberhasilan media CAI tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Sedangkan analisis hasil belajar menggunakan desain Pre-test and Post-test one Group yaitu melakukan observasi sebanyak dua kali ketika sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dan Kesimpulan hasil pengujian dilakukan dengan menggunakan uji-t yang didasarkan pada hasil rata-rata antara pretest dan posttest.

Berdasarkan hasil penelitian dengan db =  35 – 1 = 34 diperoleh nilai t-hitung sebesar 10,63 sedangkan t-tabel 2,04 dengan taraf signifikan 5 %. Maka dapat disimpulkan media CAI Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya untuk Kelas V di SDN Gunung Anyar Tambak 628 dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: CAI, model Borg n Goll, penyesuaian diri.

Abstract

CAI is an interctive media that can be used by learners characteristics at different speeds in understanding the information provided and the integration between the audio and visual. CAI is media that appropriate to the competence of living adjustment to the environment with characteristics of SDN Gunung Anyar Tambak 628.

The purpose of this research is to produce media CAI and CAI determine the success of the media. The model used inthis research is the development of models of the development Borg and Gall. While the analiysis of the design study using pre-test and post-test one group that is doing twice as many observations as before the experiment and after the experiment. Conclusion and test result performed using t-test based on the avarage between pre-test and pos-test.

Besed on the result of the study with db=35-1 = 35 get t value of 10,63 while the t-table with a 2,04 significance level of 5%. So we can conclude CAI media adjusment being against environmentfor class V at SDN Gunung Anyar Tambak 628 to improve learning outcomes.

Keywords : CAI, Model Borg and Gall, self-adjusment

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-24
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 36