This is an outdated version published on 2025-05-07. Read the most recent version.

Artikel Pengembangan E-learning Materi Unggah-ungguh Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VII SMP Negeri 2 Trawas

Indonesia

Authors

  • NURMA SAFRINA Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa
  • Utari d Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-learning materi unggah-ungguh basa pada mata pelajaran Bahasa Jawa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Trawas. Menggunakan model ADDIE dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tujuan pengembangan E-learning ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan E-learning dalam mengatasi permasalahan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Kelayakan media angket dianalisis dengan skala likert dari hasil uji validasi ahli, dan keefektifan dianalisis dengan uji-t. Desain penelitian menggunakan Two group pretest-posttest design. Berdasarkan validasi materi diperoleh hasil 97,5%, validasi media 100% dan validasi desain pembelajaran 88% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari Uji T didapatkan hasil sig 0,000<0,05 yang artinya hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan dimana rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 86 sedangkan kelas kontrol sebesar 66, maka terdapat perbedaan hasil kognitif antara kedua kelas tersebut adalah 20 angka. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Media E-learning materi unggah-ungguh basa pada mata pelajaran bahasa jawa layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Trawas.
Kata Kunci: Pengembangan, E-Learning, Unggah-ungguh Basa, Bahasa Jawa, model ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-06 — Updated on 2025-05-07

Versions

Abstract views: 57 , PDF Downloads: 18