This is an outdated version published on 2025-05-14. Read the most recent version.

EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP LABSCHOOL UNESA 3 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP

Authors

  • Retno Wulandari Jurnal Online Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Irena Yolanita Maureen Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa

Abstract

Abstrak
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dirancang dengan memberikan fleksibilitas dalam implementasinya sesuai dengan kebutuhan siswa. Kurikulum Merdeka tentu menjadi satu tantangan baru bagi sekolah untuk merancang sendiri kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dari siswa. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan evaluasi atau peninjauan terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah, salah satunya di SMP Labschool UNESA 3 (Spelabsa). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses implementasi Kurikulum Merdeka di Spelabsa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian evaluasi dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari empat komponen yaitu Context, Input, Process dan Product. Hasil penelitian sebagai berikut : Evaluasi Context: Kesiapan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Spelabsa dieksplorasi dalam dua aspek yaitu kesiapan isi kurikulum dan kesiapan awal guru yang telah dipersiapkan oleh Spelabsa. Evaluasi Input: Strategi yang dilakukan Spelabsa dalam implementasi Kurikulum Merdeka yaitu dengan memenuhi kebutuhan sarana prasarana sekolah. Evaluasi Process: Pengorganisasian pembelajaran di Spelabsa dieksplorasi pada dua aspek yaitu pengorganisasian pembelajaran berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 262/M/2022 dan berdasarkan rencana kegiatan pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan dengan Keputusan Mendikbud Nomor 262/M/2022, pembelajaran intrakurikuler belum sepenuhnya berpusat pada siswa dan kegiatan P5 belum dialokasikan 25% jam pelajaran/tahun. Evaluasi Product: Hasil dari implementasi Kurikulum Merdeka belum dapat diidentifikasi secara komprehensif karena membutuhkan waktu dan penilaian yang lebih mendalam.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, CIPP, evaluasi implementasi kurikulum

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 168 , PDF Downloads: 29