artikel PENGEMBANGAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS MATERI PROSEDUR SCANNING GAMBAR/ILUSTRASI/TEKS DALAM DESAIN GRAFIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI PLOSO JOMBANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan e-learning sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran dasar desain grafis materi prosedur scanning gambar/ilustrasi/teks dalam desain grafis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK PGRI Ploso Jombang. Pengembangan e-learning ini menggunakan model ADDIE : Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, test dan angket. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest dengan membagi peserta didik menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil validasi menunjukkan e-learning yang dikembangkan ini memiliki kualitas sangat baik didasarkan pada penilaian para ahli. Validasi materi mendapatkan nilai 100%, validasi media mendapatkan nilai 96%, validasi ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 96%. Pada uji coba produk juga menunjukkan hasil yang positif yaitu uji coba perorangan mendapatkan nilai 94%, uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 92% dan uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 82%. Menggunakan dasar kriteria Ho ditolak apabila sig (2-tailed) < 0,05. Berdasarkan hasil data uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 yang artinya kelompok kontrol dan kelompok ekperimen mendapatkan hasil belajar yang berbeda. Sehingga e-learning yang dikembangkan dapat dikatakan efektif untuk pembelajaran pada mata pelajaran dasar desain grafis materi prosedur scanning gambar/ilustrasi/teks dalam desain grafis pada peserta didik kelas X SMK PGRI Ploso Jombang.
Kata Kunci: Pengembangan, E-learning, Hasil Belajar, ADDIE.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-15 (2)
- 2025-05-07 (1)
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 84
,
PDF Downloads: 41