Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual Peserta Didik Kelas XII Materi Konsep Wilayah dan Perencanaan Tata Ruang di SMA Katolik Santo Louis 2 Surabaya

Authors

  • I Gede Panduwan Nong Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Andi Mariono Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia interaktif materi
konsep wilayah dan perencanaan tata ruang pada mata pelajaran Geografi kelas XII SMA Katolik St. Louis 2
Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif menggunakan model DDD-E
dengan 4 tahapan pengembangan meliputi: Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes keterampilan. Media pembelajaran divalidasi oleh ahli
sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t. Desain penelitian yang digunakan yakni pre-test dan posttest
pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan sasaran peserta didik kelas XII-3 dan XII-4 sejumlah 28
peserta didik Tahun Ajaran 2025. Berdasarkan validasi media, para ahli memberikan penilaian awal dengan
persentase 95% meningkat menjadi 100% setelah direvisi . Kemudian hasil uji coba pengguna menunjukkan 8 dari
10 peserta didik merasa media yang dikembangkan mudah digunakan dan membantu dalam memahami berbagai
konsep materi yang sulit. Sementara itu hasil perhitungan uji-t yang dengan ketentuan jika hasil (-) t hitung < (-) t
tabel artinya H0 ditolak dan Ha diterima (Berpengaruh). Maka diperoleh hasil data nilai post-test yakni (-) t hitung
senilai -1,834 < (-) t tabel senilai -2,048 maka hasil data tersebut dinyatakan berpengaruh karena H0 ditolak dan
Ha diterima. Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil nilai rata-rata antara kelas kontrol dan
kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan tersebut layak
dan efektif untuk dimanfaatkan oleh peserta didik kelas XII dalam mata pelajaran Geografi materi konsep wilayah
dan perencanaan tata ruang di SMA Katolik St. Louis 2 Surabaya.
Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Geografi, Konsep Wilayah dan Perencanaan Tata Ruang, DDD-E.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-05-19
Abstract views: 23