PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF MATERI JENIS – JENIS FOTO PADA MATAKULIAH PENGEMBANGAN MEDIA FOTO PRODI S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video interaktif materi jenis – jenis foto yang akan digunakan dalam proses pembelajaran matakuliah pengembangan media foto prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yakni model pengembangan ADDIE dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket dan tes yang dianalisis dengan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Desain penelitian yang diterapkan adalah pretestposttest dengan kelompok eksperimen dan kontrol. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya angkatan 2023. Media video interaktif materi jenis-jenis foto menunjukkan kelayakan yang sangat tinggi berdasarkan validasi ahli (ahli media 95%, ahli materi 99%). Hasil uji coba pada berbagai skala siswa (perorangan 87% layak, kelompok kecil 92% sangat layak, kelompok besar 91,34% sangat layak) juga mendukung hal ini. Lebih lanjut, analisis perbandingan pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kontrol menghasilkan nilai signifikansi yang kuat (p < 0,001), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dan peningkatan rata-rata skor yang lebih besar pada kelas yang menggunakan media. Dengan demikian, media ini terbukti sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto. Kesimpulannya adalah media video interaktif materi jenis – jenis foto layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah pengembangan media foto prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, video interaktif, materi jenis foto, model ADDIE
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-20 (4)
- 2025-05-20 (3)
- 2025-05-20 (2)
- 2025-05-19 (1)
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 91
,
PDF Downloads: 66