Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Authors

  • Putri Rizki Anggraeni Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA
  • Citra Fitri Kholidiyah Program Studi S-1 Teknologi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA

Abstract

Abstrak
Dalam era Society perkembangan teknologi telah mengalamai kemajuan yang signifikan, terutama dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menjadi suatu keadaan mendesak, memungkingkan untuk pembelajaran jarak jauh dan belajar secara mandiri. Salah satu bentuk yang berkembang adalah E-Learning, sebuah metode pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknolog komputer dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja sehingga bisa digunakan belajar secara mandiri, Namun mahasiswa Teknologi Pendidikan memiliki minat belajar mandiri yang kurang pada mata kuliah Psikologi Pendidikan sehingga berdampak pada kurang berkembangnya kemampuan berpikir kritis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Learning Psikologi Pendidikan yang layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Psikologi Pendidikan di mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development ( RnD) dengan desain pre-experimental menggunakan one group pretest-postest Hasil pengembangan yang dinamai “E-Learning Psikopend” mendapat validasi sangat layak dari ahli media dengan nilai rata-rata 96,92 dan menunukkan efektivitas yang cukup pada uji coba mahasiswa. Dengan nilai rata-rata 96,67% untuk kelompok kecil dan 94,33% untuk kelompok besar, E-Learning dianggap layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. E-Learning “Psikopend” diharapkan dapat membantu meningkatkan berpikir kritis mahasiswa terhadap mata kuliah Psikologi Pendidikan, serta dapat menjadi model bagi pengembangan E-Learning lainnya. Diseminasi dan pengembangan lebih lanjut dari media ini direkomendasikan untuk memperluas manfaatnya, terutama dalam menghadapi tantangan belajar secara mandiri Mata kuliah Psikologi Pendidikan.
Kata Kunci: Pengembangan Media E-Learning, Psikologi Pendidikan, belajar mandiri, berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-19

How to Cite

Rizki Anggraeni, P., & Fitri Kholidiyah, C. (2025). Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 14(7). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/67428
Abstract views: 100 , PDF Downloads: 74